PERBANDINGAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS LENGKAP

Bingung antara memilih menggunakan blogger/blogspot atau wordpress? Nah, lebih baik simak informasi lengkap mengenai perbedaan antara WordPress dengan Blogger/Blogspot agar anda bisa memutuskan mana CMS yang sebaiknya digunakan untuk membuat website atau blog berbagi. Yang jelas, setelah membaca artikel di bawah semua kembali pada pribadi masing-masing pembaca karena baik tidaknya tergantung selera dan prioritas fitur yang kita inginkan. Penulis Caraspot pribadi juga dulunya lebih tertarik menggunakan blogger karena selain alasan lebuh mudah digunakan juga karena layanannya full gratis dan unlimited, baik space maupun bandwidthnya.


Seiring berjalannya waktu saya ingin mencoba platform blog lain lalu saya memilih wordpress.com Ketika saya mendaftar tak begitu ada masalah yang berarti dan pada saat berhasil masuk kedalam dashboard, saya kaget karena begitu banyak navigasi disana.

Kagetnya lagi saya belum menulis artikel apapun tetapi sudah ada satu artikel pertama muncul yaitu Hello World. Akhirnya saya putuskan untuk belajar wordpress lebih dalam dan pada suatu waktu saya menemukan adanya istilah wordpress self host. Ya istilah itulah yang akhirnya saya menjadi tahu bahwa Wordpress juga bagus dalam segi SEO. Bahkan dari segi tampilan dapat dibuat se-profesional mungkin.

Oke baiklah ini rangkuman kelebihan dan kelemahan antara Blogspot dan Wordpress versi saya.
                                   Blogspot atau Wordpress

1.Widget/Plugin

Blogger menggunakan istilah Widget untuk aplikasi ringan tambahan dalam blognya, sedang WordPress menggunakan istilah Plugin. Dari segi jenis, jelas wordpress jauh lebih unggul untuk ini karena hampir ratusan ribu bahkan jutaan developoer menyediakan beragam plugin untuk kebetuhan manajemen website/blog wordpress, baik itu gratis atau pun berbayar, misalnya plugin tombol share popup, berlangganan newsletter, tombol share melayang disamping dan dibawah artikel, redirect ke halaman lain dan sebagainya. Selain itu, keunggulan wordpress dalam hal plugin ini sangat menonjol jika dilihat dari fungsinya yang beragam, misalnya saja kita bisa melakukan update jejaring sosial secara berkala dan secara otomatis dalam jam tertentu yang diinginkan yang tujuannya untuk menaikkan trafik, plugin untuk membatasi jumlah login dalam admin, mengatur posisi iklan di tengah artikel, membuat forum online, buku tamu, group dan lain sebagainya yang sudah pasti tidak bisa dilakukan jika kita hanya menggunakan blogger atau blogspot saja.

2.  Soal SEO Friendly tidaknya

Mengenai SEO Friendly tidaknya atau mudah tidaknya blog masuk halaman pertama Google antara menggunakan Blogger dengan WordPress sama sekali tidak ada hubungannya, karena Google selama ini, selaku pemilik Blogger.com, tidak pernah memberikan klarifikasi mengenai ini bahwa jika menggunakan produk mereka (blogspot.com) akan lebih mudah terindeks. Sekalipun mungkin ada beberapa fitur di dalam keduanya yang masing-masing punya pengaruh dalam kualitas SEO sebuah blog, seperti pada Template maupun kategorinya yang juga jadi salah satu penjelasan kami di bawah.

3.  Template / Theme

Satu lagi yang menonjol dalam perbedaan antara blogspot dan wordpress ini, yakni skin atau tampilan blog untuk Blogger menggunakan istilah Template, sedang untuk WordPress menggunakan istilah Theme. Mencari template gratisan untuk blogspot memang lebih mudah dibanding kita mencari theme untuk wordpress karena umumnya disediakan yang berbayar dan kalau pun ada yang gratis cenderung tidak menarik. Tapi ada beberapa perbedaan yang mengunggulkan wordpress dalam hal ini yang mana Theme WordPress bisa diupdate ke versi yang telah diperbaharui tanpa harus mengganti yang baru sehingga lebih segar dan menampilkan tampilan yang baru, sedang dalam Template blogspot tidak bisa diperbaharui kecuali dengan diganti yang baru yang mana ini membutuhkan waktu untuk mengedit ulang templatenya, belum lagi menurut banyak master Seo bahwa mengganti template bisa mengakibatkan blog jadi down, terutama dari segi trafiknya.

4.  Setting atau Pengaturan blognya

Harus diakui bahwa menggunakan blogspot jauh lebih mudah dan simple penggunaannya. Ini juga yang jadi alasan kenapa lebih banyak pemula senang menggunakan blogger atau blogspot, seperti untuk menambahkan kode dalam html template-nya kita cukup melakukan search dan kodenya bisa langsung ketemu karena semua terhimpun dalam satu halaman kode html saja, sedang wordpress masing-masing dipisahkan satu sama lain antara kode untuk header.php, footer.php, plugin dan lainnya, sehingga untuk mencari pengaturan umum di dalamnya kadang lebih sulit, apalagi kode yang ditampilkan terkadang tidak sama ketika kita melihat page info-nya dari browser.

5.  Jika terjadi Error

Jika kamu tidak punya banyak waktu mengelola blog wordpress lebih baik gunakan blogspot saja karena bisa dibilang pakai blogspot hampir tak mengenal kata ‘error’ dan kalau pun terjadi kesalahan dalam kode templatenya ia masih bisa tetap online dan halaman lain tetap masih bisa dibuka. Berbeda jika menggunakan wordpress, ada salah pengkodean sedikit saja ia bisa langsung error dan terkadang sama sekali tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan halaman putih saja. Repotnya lagi, jika masalahnya tidak ditemukan dalam blognya langsung maka kita harus masuk ke bagian Cpanel hostingnya yang mana pada bagian tersebut butuh pengetahuan yang cukup agar bisa mencari pokok masalahnya.

6.  Artikel webnya 

                              

Perbedaan antara Blogspot dengan WordPress lainnya adalah bahwa dengan menggunakan WordPress berarti kita bisa melakukan paste langsung artikel dari MS Word ke dalam kolom posting artikelnya karena sistem dalam CMS wordpress bisa langsung menghilangkan kode bawaan dari windows begitu artikel dipaste di dalamnya. Adapun dalam blogspot kita harus mem-paste-nya terlebih dahulu ke dalam aplikasi Notepad dan baru kemudian diletakkan dalam postingan. Karena jika tidak, kode yang panjang sekali dari sistem microsoft akan ikut terposting dan mempengaruhi kecepatan browser dalam membaca filenya.
Namun mengenai dukungan script dan bahasa web, maka blogspot lebih unggul dibandingkan dengan wordpress. Blogspot dapat mendukung lebih banyak bahasa seperti javascript, java applet dan lainnya. Sedangkan wordpress tidak dapat mendukung bahasa javascript, jadi terlalu tergantung dengan plugin yang ada. Sehingga kita tidak bisa memodifikasi blog dengan bahasa web yang kita sukai.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dannysihombing/perbandingan-blogspot-dengan-wordpress_550d99fda33311201e2e3bde
Namun mengenai dukungan script dan bahasa web, maka blogspot lebih unggul dibandingkan dengan wordpress. Blogspot dapat mendukung lebih banyak bahasa seperti javascript, java applet dan lainnya. Sedangkan wordpress tidak dapat mendukung bahasa javascript, jadi terlalu tergantung dengan plugin yang ada. Sehingga kita tidak bisa memodifikasi blog dengan bahasa web yang kita sukai.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dannysihombing/perbandingan-blogspot-dengan-wordpress_550d99fda33311201e2e3bd

Perbandingan lainnya:

  1. WordPress menyediakan pengaturan tag heading yang lengkap dalam artikelnya, mulai dari H1 hingga H6 sedang dalam blogspot hanya ada 3 heading, yakni Heading, Sub Heading dan Minor Heading.
  2. Kategori dalam website wordpress bisa dilengkapi deskripsi sehingga lebih SEO friendly. Adapun blogger sama sekali tidak ada fasilitas untuk itu sehingga mau tidak mau kita hanya bisa melakukan optimasi pada artikelnya saja.
  3. Lebih banyak master blogger yang menggunakan WordPress, dibanding blogspot, lebih banyak dipilih oleh pemula karena lebih mudah pengelolaannya.
  4. Hosting untuk web wordpress bisa kita pilih antara berbayar atau gratis sehingga kita lebih leluasa mengatur dan mengisi apa saja dalam blog kita, dibanding dengan blogger yang hanya bisa menggunakna gratisan sehingga jika terjadi tindakan spam atau hal yang dianggap merusak maka blog dan akunnya bisa langsung dihapus oleh google tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  5. Berikutnya, pelajari Cara Menghasilkan Uang dari Blog Gratisan 
 Nah, Dari pembahasan  yang telah kita simak bareng-bareng tadi, Setidaknya Baik Blogspot maupun Wordpress memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kita simpulkan sebagai berikut :


Kelebihan Blogspot :


- Tampilan Blog bisa dirubah Sesuka Hati
- Bisa Pasang Script Iklan
- Bisa Mendapat Uang, Walaupun dengan Blog Gratisan

Kekurangan Blogspot :


- Tampilan User Interface Kuno & Ketinggalan Jaman
- Tampilan Statistik Terlalu Sederhana
- Harus Optimasi SEO untuk Hasil Terbaik di Search Engine


Kelebihan Wordpress :


- Tampilan User Interface & Statistik yang Komplit
- Kemudahan Dalam Menulis
- SEO Optimized yang berimbas Gampang Nangkring di Peringkat Atas Search Engine

Kekurangan Wordpress :


- Tampilan Blog Simple & Membosankan
- Harus Keluar Uang untuk Memaksimalkan Fitur di Dalamnya
- Tidak bisa Pasang Script Iklan
- Lebih Mudah Terkena Banned Permanen saat Melanggar TOS




So, Sudah paham kelebihan & kekurangannya masing-masing kan ? Nah, Sisanya tinggal sesuaikan sendiri saja terhadap kebutuhan Blogging Brosist sekalian. . . Jika Brosist sekalian adalah seorang penulis konten sejati, dan tak memusingkan masalah monetisasi Blog, Maka pilihlah Wordpress sebagai andalan saat Ngeblog ! Karena selain user interfacenya lebih bersahabat, juga lebih SEO Friendly loh. . .

Namun, Jika Brosist mengingikan platform blogging yang gratis, serta bisa dijadikan lahan pengais recehan dollar, alias di-monetisasi, Bisa pilih Blogger aja tuh ! Kemudian tinggal pilih advertiser Iklan seperti yang sudah cantumkan diatas deh. . .



Sekian dan terima kasih telah menyempatkan membaca Perbedaan antara Blogspot dan WordPress (Perbandingan Blogger dengan Web WordPress.org/.com) semoga setelah ini bisa mengambil keputusan yang bijak antara pakai CMS wordpress atau blogspot dengan hosting gratisan saja yang domainnya dirubah jadi .com. Yang jelas, jika untuk tujuan jangka panjang disarankan menggunakan wordpress saja, mungkin awalnya susah tapi kalau sudah terbiasa dan familiar dengan segala fitur dan tampilan di dalamnya nantinya akan mahir juga dan bisa jadi juga kamu sudah tidak akan tertarik pakai blogger lagi.


Berbicara tentang blog pasti akan menyinggung platform blog apa yang akan di gunakan. Untuk saat ini ada beberapa platform blog yang dapat anda gunakan dengan gratis, namun di antara berbagai platform tersebut ada 2 yang paling terkenal yaitu blogspot dari google atau biasa di sebut dengan blogger dan wordpress. Kedua platform blog ini sekarang menduduki peringkat teratas platform blog terfavorit yang paling banyak di gunakan, selain berbagai macam kemudahan juga banyaknya template blog gratis yang tersedia.

Biasanya pilihan platform blog pertama yang di gunakan oleh seorang blogger akan menjadi platform favoritnya untuk waktu yang lama, kecuali orang tersebut menemukan kendala yang cukup berarti suatu hari. Pada awalnya penulis menggunakan blogspot untuk belajar blogging tetapi pada perkembangannya kebutuhan penulis tidak dapat di akomodasi oleh satu platform blog saja, sebenarnya apa sih keunggulan dan kelebihan dari blogspot dan wordpres? Dan siapakah yang terbaik? Untuk itulah masi kita bahas perbandingan blogger vs wordpress di bawah :
- See more at: http://puzzlemate.blogspot.co.id/2012/02/perbandingan-blogger-vs-wordpress-siapa.html#sthash.oLDskE74.dpuf
Berbicara tentang blog pasti akan menyinggung platform blog apa yang akan di gunakan. Untuk saat ini ada beberapa platform blog yang dapat anda gunakan dengan gratis, namun di antara berbagai platform tersebut ada 2 yang paling terkenal yaitu blogspot dari google atau biasa di sebut dengan blogger dan wordpress. Kedua platform blog ini sekarang menduduki peringkat teratas platform blog terfavorit yang paling banyak di gunakan, selain berbagai macam kemudahan juga banyaknya template blog gratis yang tersedia.

Biasanya pilihan platform blog pertama yang di gunakan oleh seorang blogger akan menjadi platform favoritnya untuk waktu yang lama, kecuali orang tersebut menemukan kendala yang cukup berarti suatu hari. Pada awalnya penulis menggunakan blogspot untuk belajar blogging tetapi pada perkembangannya kebutuhan penulis tidak dapat di akomodasi oleh satu platform blog saja, sebenarnya apa sih keunggulan dan kelebihan dari blogspot dan wordpres? Dan siapakah yang terbaik? Untuk itulah masi kita bahas perbandingan blogger vs wordpress di bawah :
- See more at: http://puzzlemate.blogspot.co.id/2012/02/perbandingan-blogger-vs-wordpress-siapa.html#sthash.oLDskE74.dpuf

0 Response to "PERBANDINGAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS LENGKAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel